Animasi Logo NU

  • Terkini!

    April 15, 2016

    Ngaji Kitab – Rutinan KMNU Undip 9 April 2016



    Sabtu, 9 April 2016, Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Undip kembali melaksanakan kegiatan rutinan. Rangkaian rutinannya yaitu pembacaan tahlil, Maulid Al-barzanjiy, dan kajian kitab. Rutinan ini dimulai pada pukul 06.30 WIB dengan pembacaan tahlil yang dipimpin oleh Bagas Ardiyanto. Dilanjutkan dengan pembacaan Maulid Al-Barzanjiy sampai pukul 07.50 WIB. Setelah itu jama’ah bersiap-siap untuk mengikuti kajian kitab yang dipimpin oleh Habib Amin Al-Athos.  Kajian ini dimulai sekitar pukul 08.00 WIB ketika Habib Amin datang di Masjid Baitul Muttaqin yang menjadi lokasi rutinan. Setelah membaca doa pembuka majelis, Habib Amin membahas tentang sejarah nabi, berikut ringkasan dari hal-hal yang disampaikan mengenai kitab Khulasoh Nurul Yaqin dan Adabuzzifaf.

    Khulasoh Nurul Yaqin - Nabi Muhammad SAW Menggembala Kambing dan Yang Pertama Kali Pergi ke Negeri Syam.
    Sewaktu kecil, Nabi Muhammad SAW menggembalakan kambing (domba) milik orang-orang Makkah dan diberi upah. Dari upah itulah Nabi SAW menyambung hidup.. Pada umur 9 tahun, beliau pergi ke Negeri Syams bersama pamannya yakni Abi Thalib dengan membawa dagangan. Ketika telah dekat dengan daerah Bushro, Baginda Muhammad bertemu pendeta yang bernama Bakhira. Pendeta tersebut memberi kabar kepada paman Nabi bahwa Nabi Muhammad SAW akan menjadi penutup dari segala Nabi. Paman Nabi diminta untuk membawa pulang Nabi, karena sang pendeta khawatir terhadap musuh-musuh yang mengintai Nabi SAW. Pendeta tersebut telah mengambil dalil mengenai tanda-tanda atas kenabian Muhammad SAW  dengan tanda-tanda yang ada pada kitab-kitabnya ahli kitab tersebut.


    Adabuz Zifaaf - Adab Sebelum Berhubungan Suami dan Istri
    1.      Meletakkan tangan di atas kepala istri dan berdoa untuknya.Hendaknya suami meletakkan tangannya di atas bagian depan kepala perempuan saat pertama kali "berkumpul" seraya menyebut nama Allah (Basmallah) dan mendoakan keberkahan untuk istrinya. Kemudian berdo'a: "Allahumma innii asaluka min khoirihaa wa khoirimaa jibiltahaa wa a'uudzubika min syarrihaa wa syarrimaa jibiltahaa 'alaihaa". (HR. Bukhori).
    2.      Suami Istri disunnahkan untuk mengerjakan Sholat Sunnah 2 Rakaat secara berjamaah (atau bersamaan) sebelum melakukan hubungan suami istri.

    Demikian ringkasan dari ngaji kitab rutinan KMNU Undip edisi 9 April 2016. Semoga diberikan kemudahan dalam menuntut ilmu serta untuk memahaminya dan senantiasa istiqomah dalam menghidupkan budaya ke-NU-an di kampus Undip. Amin. (sk, naf, run)
    • Google Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Ngaji Kitab – Rutinan KMNU Undip 9 April 2016 Rating: 5 Reviewed By: Situs Resmi KMNU Undip
    Scroll to Top