Animasi Logo NU

  • Terkini!

    June 3, 2018

    BULAN RAMADHAN

    Sumber Doc pribadi

    Oleh Fithriana Roshiyanti

    R
    asulullah dalam awal perjuangan menyebarkan agama islam selalu mendapat celaan dari kaum kafir Quraisy karena Rasulullah tidak memiliki apapun kecuali hanya istrinya Khadijah RA. Yang selalu membantu Beliau dalam berdakwah. Sehingga Rasulullah berkata, “tidak mungkin ada yang bisa menggantikan Khadijah”.
                Sebagai manusia tentu kita diamanatkan untuk saling menyuruh pada amal kebaikan dan menjauhi hal yang dilarang. Akan tetapi, pada prakteknya kita tidak bisa memberi pengaruh pada orang tersebut jika terjadi demikian maka kita membenahi diri kita agar lebih dekat dengan rasulullah. Allah lah sang maha membolak-balikkan hati sehingga jika orang yang kita ajak pada kebaikan tidak bisa lebih baik kita memperbaiki diri kita sendiri sambil tetap berdoa supaya mendapat hidayah dari Allah.
                Pernah pada saat Rasulullah mengimami shalat jumat ada seseorang yang mencekik beliau dari belakang menggunakan sorban yang dikenakan oleh Rasulullah sehingga hal itu mengundang kemarahan Sayyidina Umar ra. Meskipun begitu Rasulullah tetap sabar ternyata orang tadi menagih hutang pada Rasul. Rasulullah menjawab bahwa Beliau akan melunasinya, lalu Umar membayar utang Rasulullah 100 dinar akan tetapi Umar diperintahkan untuk membayar 200 dinar. Hal ini dijadikan Rasulullah sebagai hadiah kepada orang yang telah mencekik Beliau sehingga saat itu juga orang tersebut langsung mengucapkan syahadat. Karena niat dari orang tadi adalah mengetes Rasulullah.
                Dari kalangan kafir Quraisy yang suka mendzolimi Rasul tak lain adalah pamannya sendiri Abu Jahal, Abu Lahhab, Walid Muniroh, dan Uthbah. Rasul sangat sabar dan pemaaf jika dicaci maki oleh orang kafir Quraisy, akan tetapi jika yang dicaci maki adalah Agama Islam maka tidak ada yang lebih marah dari para Sahabat kecuali Rasulullah itu sendiri. Mengetahui seberapa keras Rasul dalam berjuang mempertahankan Agama Islam maka sebagai umat islam kita harus mencintai Rasul karena mencintai Rasul sama dengan mencintai Allah.
                Habib Salim bin Abdullah bin Umar Asy-Syafi’i mengatakan bahwa hendaklah kita perbanyak berdzikir “ya lathif” sebanyak-banyaknya agar mendapatkan manfaat yang banyak akan tetapi janganlah melakukan hanya karena mengejar manfaatnya jika sudah mendapatkan hal yang diinginkan maka ibadah itu akan berhenti di situ.
                Orang yang mencintai Rasul pasti mencintai keluarga Rasul, bagaikan bahera Nabi Nuh mencintai Rasul akan membawa kita kepada keselamatan. Keluarga Rasul seperti bintang yang menjadi perhiasan di langit. Sehingga jangan ada rasa iri, dengki dan sebagainya kepada keluarga Nabi. Kita yang mencintai keluarga Nabi akan mendapatkan kemuliaanya setelah meninggal nanti.
                Alhamdulillah, pada tahun ini kita sampai pada bulan yang selalu ditunggu-tunggu oleh umat muslim yaitu bulan Ramadhan. Sebagai umat islam kita harus tahu bahwa bulan Ramadhan sedikit berbeda dengan bulan lain, karena pada bulan Ramadhan merupakan bulan kemuliaan, bulan penuh berkah, bulan suci, bulan penuh kenikmatan, bulan penuh kesabaran, bulan ampunan dan tentu yang paling istimewa dibanding yang lain. Tips kecil ketika puasa agar tidak mudah cepat lapar ialah dianjurkan untuk memakan tujuh butir kurma ketika sahur dan tiga butir kurma ketika berbuka puasa.
                Maka pada bulan Ramadhan ini perbanyaklah amalan ibadah karena satu ibadah wajib akan dilipatgandakan pahalanya menjadi tujuh puluh kali lipat. Maka jadilah insan yang giat dalam beribadah agar bisa mengambil keberkahan pada bulan Ramadhan. Jika sunah akan dijadikan pahalanya seperti ibadah wajib.
                Ramadhan adalah segala-galanya jika diibaratkan semua barang yang ada di pasar itu dibagikan secara cuma-cuma. Seperti tidurnya orang puasa mendapat pahala, diamnya orang berpuasa diitung bagaikan orang yang bertasbih dijadikan seperti ini karena dikhawatirkan umat islam akan banyak berbicara hal yang tidak bermanfaat sehingga saat berpuasa di bulan ramadhan nanti perbanyaklah berdoa seperti berdoa minta perlindungan dari neraka dan mohon ditempatkan di surga nantinya.
                Bahkan bagi orang yang ikut membantu menyiapkan sajian buka puasa maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tadi. Kenikmatan tersebut tidak bisa didapatkan selain bulan Ramadhan. 11 bulan itu tidaklah sebanding dengan satu bulan Ramadhan.
                Muslimin akan mendapat banyak kenikmatan di akhirat daripada di dunia ini. Maka hendaklah persiapkan bekal menuju akhirat karena dunia seisinya akan hancur saat kiamat nanti dan semua yang ada di dunia merupakan sementara jangan samakan kehidupan yang ada di dunia dengan yang ada di akhirat. Sehingga muslimin haruslah memikirkan kehidupan akhirat yang akan mereka jalani nantinya.
                Bulan Ramadhan merupakan bulan penuh ampunan diriwayatkan dalam sebuah hadits “siapa orang yang menghidupkan malam Ramadhan maka ia akan diampuni dosa-dosanya bagi waktu yang akan datang maupun yang telah lalu” maksud dari menghidupkan malam Ramadhan ialah sholat isyak, tarawih, witir jamaah di masjid serta tadarus ramai-ramai.
                Maksud dari dosa yang diampuni di masa depan ialah seperti kita dilindungi oleh Allah dari perbuatan dosa yang akan kita alami di masa depan nanti. Isi dari bulan Ramadhan itu sendiri yaitu sepuluh hari pertama adalah Rahmat Allah yang melimpah ruah lebih banyak dari hari di luar bulan Ramadhan, dan sepuluh hari kedua merupakan hari pengampunan dimana dosa-dosa manusia akan dileburkan oleh Allah. Kemudian sepuluh hari terakhir bukan Ramadhan merupakan pembebasan umat manusia dari api neraka.
                Ramadhan merupakan bulannya orang yang bersabar dan orang yang bersabar akan mendapatkan pahala. Tirulah sifat penyabar Rasulullah. Dimana rasulullah selalu sabar ketika dicaci maki oleh orang-orang kafir karena yang dicaci adalah Rasulullah, jika yang dicaci adalah agama islam maka rasulullah adalah orang pertama yang akan marah dan tidak rela.
                Salah satu malam yang diberkati oleh Allah di bulan Ramadhan ialah malam  Lailatul Qadr. Apa itu malam Lailatul Qadr?, Malam Lailatul Qadr atau yang sering disebut malam lebih baik dari seribu bulan adalah malam yang jatuh di sepuluh hari terakhir  bulan ramadhan pada mala mini malaikat turun ke bumi hingga terbit fajar. Sehingga malam ini adalah malam yang sangat istimewa bagi manusia karena amalan ibadah manusia akan dinilai lebih baik dari seribu bulan jika mampu melewati malam ini dengan baik.
                Pada saat Rasulullah mi’raj ke langit ketujuh, maka diperlihatkan umat-umat nabi lain. Umat Rasul rata-rata hanya mencapai usia 60-70 tahun saja. Maka Rasul menangis kemudian Allah memperlihatkan para umat terdahulunya berusia sangat panjang hingga 500-700 tahun bahkan seperti kita ketahui bahwa usia Nabi Nuh kira-kira 950 tahun. Masya Allah.
                Namun, Allah segera menghibur Nabi Muhammad ada satu malam kemuliaan yang disebut malam Lailaul Qadr yang mana kemuliaannya setara dengan 1000 bulan atau jika dikonversikan ke dalam tahun kira-kira 83 tahun 4 bulan.
                Malam Lailatul Qadr sesungguhnya adalah malam yang misterius, karena apa? Karena manusia tidak memiliki pengetahuan akan adanya malam Lailatul Qadr tersebut, hanya Allah-lah yang tahu. Hikmah dari allah merahasiakan ini adalah supaya kita rajin beribadah sepanjang hari di bulan Ramadhan dan semoga kita mendapatkan malam Lailatul Qadr supaya kita bisa mendapatkan kemuliaan Ramadhan.
                Maka Habib Abdullah bin Ali Al-Hadad menasehati kita supaya menjaga 30 hari dengan ibadah serta hindarkan diri dari maksiat maupun hal-hal yang mengurangi pahala puasa. Bagi wanita yang mengalami menstruasi di tengah bulan Ramadhan maka dianjurkan untuk banyak berdzikir dan sholawat. Wajib memperbanyak mengingat Allah karena pada wanita menstruasi lebih banyak mendapat godaan setan.


    • Google Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: BULAN RAMADHAN Rating: 5 Reviewed By: Situs Resmi KMNU Undip
    Scroll to Top