Animasi Logo NU

  • Terkini!

    March 21, 2020

    Opening Kajian Rutin Sabtu 2020

    Opening Kajian Hari Sabtu KMNU UNDIP 2020
    29 Februari 2020

    Duhai Istimewanya Bulan Rajab

    Selain Bulan Ramadhan, Allah SWT juga memuliakan bulan - bulan lain seperti  Muharram, Rajab, Dzulqo'dah, dan  Dzulhijah.
    Bulan Rajab merupakan bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT, maka dari itu kita sebagai seorang hamba juga wajib memuliakan bulan tersebut. 
    Adapun keutamaan bulan rajab antara lain :
    1. Termasuk bulan yang dimuliakan oleh Allah SWT. Allah menjadikan bulan rajab sebagai bulan yang memiliki hubungan erat dengan 2 bulan yang istimewa yaitu sya'ban dan romadhon.
    2. Bulan rajab adalah bulan perpindahan cahaya dari aminah.
    3. Pada bulan rajab, Allah memuliakan Rosululloh berupa mukjizatnya yang melebihi turunnya al-qur'an yaitu diperintahkannya sholat 5 waktu saat Isro' Mi'roj yang terkhusus untuk Nabi Muhammad SAW.  
    4. Rajab adalah bulannya Allah, artinya di bulan rajab kita dianjurkan untuk memperbanyak istighfar, bulan paling istimewa untuk orang yang ingin bertaubat / pemutihan dari dosa.
    5. Rajab memiliki 20 nama, nama itu bisa dibilang hanya 1 tapi sebutannya banyak. salah satunya adalah rajam yang berarti dibulan itu Alloh memerintahkan malaikat untuk melempari setan-setan dengan batu agar tidak mengganggu manusia.
    6. Termasuk bulan untuk membenahi dhohir kita, yangmana pada bulan sya'ban untuk membenahi batin, dan romadhon untuk membenahi ruh kita.
    7. Kemuliaan rajab seperti kemuliaannya Al qur'an. Kemuliaan sya'ban seperti kemuliaan rasululloh melebihi nabi-nabi yang lain. Kemuliaan ramadhan seperti kemuliaan Alloh melebihi kemuliaan kepada hamba Alloh yang lain.
    8.  Orang yang menghormati bulan rajab akan Alloh buat mereka menghormati bulan sya'ban juga. Bagaimana cara menghormatinya? Dengan cara lebih memperhatikan ibadah di bulan tersebut dibandingkan dengan bulan yang lainnya.
    9. Di bulan ini terdapat banyak sekali keistimewaan, maka dari itu kita sebagai umat islam diperintahkan untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas ibadah kita. Akan tetapi harus diniatkan karena Allah semata.

    Tujuan mengetahui keutamanaan bulan ini, antara lain:
    1. Agar kita mengenal bulan rojab yang kemudian sayang dengan bulan ini.
    2. Agar lebih bersemangat dalam memperbaiki diri.
    3. Agar meningkatkan iman kita kepada Allah SWT.


    Adapun amalan-amalan yang dianjurkan di bulan rajab, yaitu:
    1. Memperbanyak puasa.
    2. Memperbanyak istighfar, bertaubat kpd Alloh. Robighfirli warhamni wa tub'alaiya dibaca ba'da subuh.
    3. Membaca ya latif di hari pertama 500, di hari terakhir 500, setiap harinya 5000
    4. Baca muhammad rasulullah 35 kali di jumat terakhir pada bulan rajab pada waktu antara khotbah pertama dan kedua. Keutamaannya yaitu tidak akan kosong uangnya di dompet / atm selama 1 tahun. (Ittaqillah HK)

    wallahu a'lamu bisshowab

    • Google Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Opening Kajian Rutin Sabtu 2020 Rating: 5 Reviewed By: Situs Resmi KMNU Undip
    Scroll to Top