Animasi Logo NU

  • Terkini!

    June 30, 2016

    Usai Ujian Akhir Semester, KMNU Undip Adakan Brain Storming Soal Agama




    KMNU Undip kembali menggelar acara Brain storming yang ke-2 pada hari Ahad, 19 Juni 2016 di Masjid Baitul Ilmi, Fakultas Teknik Undip. Kegiatan yang dipelopori oleh Divisi Pengembangan Sumber Daya Manusia (PSDM) KMNU Undip tersebut mengusung tema keutamaan bulan Ramadhan. Acara dimulai dengan sambutan ketua panitia, Abda Rizka, disusul dengan kajian oleh M. Syaifudien Bahry, ketua KMNU Undip masa khidmah 2014-2015. Kajian dimulai tepat pada Pukul 17.00 WIB.
    Semua peserta kajian menyimak dengan baik materi yang disampaikan oleh pembicara. “Di antara keutamaan bulan Ramadhan yaitu, hanya di bulan inilah Allah menurunkan malam Lailatul Qodar, yaitu malam yang lebih baik daripada 1000 bulan”. Terang Kang Bahry, sapaan akrabnya. Keistimewaan ini tidak diberikan kepada umat-umat selain nabi Muhammad, jadi sudah selayaknya kita bersyukur atas nikmat yang langka tersebut. Malam Lailatul Qodar akan turun di malam-malam ganjil di atas hari ke-20 Ramadhan. Apabila seseorang menemui malam Lailatul Qodar sedang dalam keadaan beribadah, maka ibadahnya akan dihitung 1000 bulan. Umat Rasulullah adalah manusia yang dikaruniai umur pendek diantara umat nabi-nabi lain. Lalu, Allah menurunkan malam yang lebih baik daripada seribu bulan agar umat Rasulullah dapat beribadah lebih lama dari umurnya hidup di dunia. Masih banyak lagi keutamaan-keuataam bulan Ramadhan, yaitu ditutupnya pintu neraka dan pintu surga dibuka, sedekah terbaik adalah yang dilakukan di bulan Ramadhan, pada bulan ini pahala orang yang melakukan kebaikan akan dilipatgandakan dan sebagainya.
    Setelah kajian selesai, panitia membagi peserta menjadi beberapa kelompok. Tiap-tiap kelompok melakukan Focus Group Discussion (FGD) dengan tema yang telah ditentukan panitia. Pukul 17.40 WIB semua peserta menyantap takjil yang sudah disediakan panitia dan shalat Maghrib berjamaah disusul dengan makan bersama. Kemudian, peserta berdiskusi tentang manfaat puasa jika dilihat dari beberapa aspek, yakni : kesehatan, pendidikan dan rohani, sosial dan ekonomi. Semua kelompok mempresentasikan hasil diskusinya dengan antusias dan argumen yang bagus. Acara tersebut ditutup dengan foto bersama, lalu shalat Isya dan Tarawih berjamaah.
    Kegiatan Brain Storming telah berjalan sesuai rencana. Harapannya, semua peserta dapat memaknai keutamaan bulan Ramadhan dan memanfaatkannya dengan meningkatkan iman dan taqwa. Dengan dilaksanakannya acara ini diharapkan ukhuwah antar anggota KMNU Undip terjalin semakin erat. Aamiin ***lfm, naf, fak***
    • Google Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Usai Ujian Akhir Semester, KMNU Undip Adakan Brain Storming Soal Agama Rating: 5 Reviewed By: Situs Resmi KMNU Undip
    Scroll to Top