Animasi Logo NU

  • Terkini!

    June 9, 2016

    Sambut Ramadhan, KMNU Undip Selenggarakan Ziarah Kubur Ulama



    Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Universitas Diponegoro (KMNU Undip) kembali menunjukkan keistiqomahannya dalam menjalankan amaliah Ahlusunah Wal Jamaah an Nahdliyyah. Jelang Ramadhan, KMNU Undip mengadakan ziarah kubur bersama ke makam  para ulama. Kegiatan ini dilakukan pada hari Sabtu, 4 Juni 2016. Magelang dan Ungaran menjadi destinasi ziarah kali ini.
    Semua peserta ziarah dikumpulkan terlebih dahulu di Masjid Baitul Muttaqin, Tembalang, lalu berangkat pada pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini dikoordinatori oleh Siti Khasanah dan Taufiqurohman selaku ketua Divisi Amaliyah dan Kajian KMNU Undip. Tujuan dari ziarah kali ini yaitu makam K.H. Khudlori, Syaikh Subakir dan Syekh Hasan Munadi.
    K.H. Khudlori adalah seorang ulama besar, pendiri Pondok Pesantren Asrama Perguruan Islam (API) Tegalrejo. Beliau merupakan menantu dari KH. Dalhar, pengasuh Pondok Pesantren Darus Salam Watucongol Muntilan, Magelang. Tempat peristirahatannya terletak di komplek API Tegalrejo, Kabupaten Magelang. Tempat tersebut selalu ramai oleh para pengunjung yang hendak berziarah mengharap keberkahan ulama, khususnya beliau. Setelah mengunjungi makam K.H. Khudlori, rombongan peserta ziarah menuju Gunung Tidar, yaitu gunung yang berada di tengah-tengah kota Magelang untuk berziarah ke makam Syekh Subakir. Beliau adalah Waliyullah yang diutus untuk menyebarkan ajaran Islam di tanah Jawa bersama-sama dengan Walisongo periode pertama. Tempat terakhir yang dikunjungi dalam ziarah kali ini adalah makam Syekh Hasan Munadi, yang terletak di Desa Nyatnyono, Ungaran Barat, Semarang. Konon, Syekh Hasan Munadi terpanggil untuk berdakwah di daerah tersebut karena penduduknya yang masih gelap keimanannya pada masa tersebut.
    Ziarah menjelang Ramadhan KMNU Undip berjalan lancar. Semoga, dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut, peserta dapat mengambil ibrah dari setiap perjuangan para wali di tanah Jawa. Para peserta juga dapat mensyukuri keislaman yang mereka miliki, karena hal itu tidak terlepas dari keikhlasan para Wali Allah yang berjuang menegakkan Aqidah Islam di tanah Jawa. Semoga kita semua dapat menjaga aqidah dengan baik, sehingga menjadi insan cerdas yang berkarakter dan berlandaskan iman. Aamiin***(Lfm, Naf, Run)

    • Google Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Sambut Ramadhan, KMNU Undip Selenggarakan Ziarah Kubur Ulama Rating: 5 Reviewed By: Situs Resmi KMNU Undip
    Scroll to Top