Animasi Logo NU

  • Terkini!

    February 5, 2016

    Kajian Kitab Nashoihul ‘Ibad: Tiga Perkara yang Tidak Dapat Dihasilkan dari Tiga Perkara Lainnnya




    Oleh: Nabila, KMNU Undip

    Salah satu sahabat Nabi Muhammad SAW, Sahabat Abu Bakar As Shiddiq ra, berkata bahwa terdapat tiga perkara di dunia ini yang tidak bisa dihasilkan dari tiga perkara lainnya. Hal ini sebagaimana di jelaskan dalam Kitab Nashoihul ‘Ibad karangan Al Alim Al Alamah Syaikhina Nawawi Al Bantany pada Bab ke-3, maqolah ke-3. Lalu apa saja ketiga perkara yang disebutkan oleh As Shiddiq ra?
    (عن أبى بكر الصدّيق رضي الله عنه: ثلاث لا تدرك بثلاث) اى ثلاث خصال لا تطلب بثلاثة أشياء (الغنى بلمنى) بصم الميم جمع منيه، أي فلا يحصل الغنى بالأمانى بل بالقسمة من الله تعالى (والشباب بالخضاب) فلا يحصل الشباب بخضاب الشعر بالحناء ونحوه (والصحّة بالأدوية) فلا تحصل الصحة بنفس الأدوية با بشفاءالله تعالى.
    Pertama, الغنى با لمنى yaitu kekayaan yang tidak dapat dihasilkan dengan lamunan dan angan-angan. منى merupakan bentuk jamak dari  منية  (lamunan), sehingga yang dimaksud disini adalah orang yang yang terlalu sering melamun. Tentu saja, tidak ada orang yang kaya raya hanya karena ia terlalu sering melamun. “Andai saja…” “Seandainya..”, dan lain sebagainya, hapus keinginan untuk kaya jika yang kita kerjakan hanya melamun. Lalu, apa yang sebenarnya menjadikan seorang kaya harta? Mungkin banyak dari kita yang akan segera menjawab ‘Kerja keras’, seperti yang sering kita dengar dari para motivator handal.
    Namun, inilah yang sebenarnya sering kita lupakan. Qodlo dan Qodar Allah, ya, ketetapan dan takdir Allah. Karena sesungguhnya yang menjadikan kita kaya adalah Allah, seperti penjelasan lebih lanjut dalam kitab Nashoihul ‘Ibad bahwa seseorang bisa kaya karena sudah mendapatkan qismah (bagian) yang demikian dari Allah. Tentu kita sering mendengar cerita orang-orang yang sudah bekerja keras, namun hidupnya hanya pas-pasan, meskipun banyak juga kisah orang sukses setelah gigih dalam bekerja. Ya, itu semua karena sudah menjadi qismah kita dan takdir Allah. Seperti tersebutkan dalam kitab Jawahirul Kalamiyyah yang dikarang oleh Syaikh Thahir bin Shalih al Jazair, bahwa segala sesuatu yang terjadi pada manusia adalah takdir dari Allah, baik itu hidup, mati, kaya, miskin, jodoh dan lainnya.
    Lalu, jika segala sesuatu telah ditetapkan oleh Allah, untuk apa kita bekerja keras mendapatkan kekayaan jika ujung-ujungnya ternyata kita tetap pas-pasan? Ya, tapi bukan karena sudah menjadi takdir Allah, lalu manusia hanya diam saja menunggu kaya. Akan tetapi, manusia juga harus berikhtiar, berusaha secara maksimal. Karena apa? Karena kita tidak pernah tau takdir kita di masa depan seperti apa. Bukankah dalam Al-Qur’an banyak sekali ayat yang menjelaskan tentang ikhtiar? Bekerja secara maksimal adalah salah satu ikhtiar kita untuk mendapatkan kekayaan. Akan tetapi, kita tidak diperbolehkan untuk memaksakan hasil. Karena apa? Ketika memaksakan hasil atas ikhtiar kita, namun ketika tidak sesuai dengan yang diharapkan, kita akan berputus asa. Hal inilah yang kemudian menjadi salah satu alasan pentingnya sandaran vertikal, bersandar kepada Allah SWT atas segala hal yang ada di dunia. Sehingga, setiap kegagalan yang kita dapatkan, kita bisa mengembalikannya bahwa itu semua telah menjadi takdir Allah SWT, bukan bersandar kepada ikhtiar kita, terlebih kepada sesama manusia.
    Perkara kedua, adalah الشباب بالخضاب yaitu sifat muda karena semir, pada satu kesempatan, ustadz penulis menjelaskan الخضاب artinya pacar, atau dapat dimakna semir dan kosmetik. Saat ini, banyak sekali perusahaan-perusahaan yang berlomba-lomba menciptakan pelbagai macam jenis kosmetik, baik untuk mencerahkan kulit, menghilangkan jerawat hingga membuat awet muda, katanya. Selain itu, produk-produk semir rambut sangat ramai di pasaran, masyarakat berbondong-bondong menyemir rambutnya berbagai warna, baik untuk mengikuti tren atau menutupi rambut putih yang tumbuh dikepalanya, uban. Lalu, apakah itu benar? Hal yang demikian inilah menurut Sahabat Abu Bakar as Shiddiq tidak benar. Sifat muda tidak akan pernah bisa didapatkan dengan merk semir dan kosmetik termahal sekalipun. Meskipun hal demikian tidaklah dilarang. Akan tetapi, hakikatnya ketika manusia menjadi tua, itu semua adalah peringatan akan kematian, sehingga kita selalu diingatkan untuk memperbanyak ibadah kepada Allah SWT.


    Terakhir, adalah الصحّة بالأدوية atau sehat karena obat. Ketika kita sakit, seringkali kita akan pergi ke dokter atau sekedar membeli obat di apotek. Jika ditanya alasannya, kita akan menjawab ‘agar cepat sembuh’. Lalu, apakah obatlah yang menyebabkan manusia sembuh dari penyakitnya? Bukan, melainkan adalah Allah yang telah memberikan kesehatan. Allah SWT telah mentakdirkan kita sehat. Seperti pada perkara pertama, pergi ke dokter ataupun mengonsumsi obat adalah bentuk ikhtiar kita dalam mencapai kesembuhan. Sedangkan baik sehat ataupun tidak setelah kita berobat, adalah takdir dari Allah SWT. Wallahu a’lam bi showab.
    KMNU UNDIP

    Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Universitas Diponegoro

    Website: KMNU UNDIP

    • Google Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Kajian Kitab Nashoihul ‘Ibad: Tiga Perkara yang Tidak Dapat Dihasilkan dari Tiga Perkara Lainnnya Rating: 5 Reviewed By: Administrator
    Scroll to Top