Animasi Logo NU

  • Terkini!

    January 7, 2016

    DIKLAT Madya (Pendidikan dan Pelatihan Anggota Madya) KMNU UNDIP Ke-1


    Sabtu - Minggu ( 26-27 Desember 2015). Menjelang Musyawarah Besar Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Universitas Diponegoro (Mubes KMNU UNDIP), para pengurus KMNU UNDIP mengadakan DIKLAT Madya (Pendidikan dan Pelatihan Anggota  Madya KMNU UNDIP ) yang pertama khusus untuk Anggota Muda KMNU UNDIP yang bertempat di Pondok Pesantren Taqwal Illah.
                Acara dimulai pada hari Sabtu, pukul 11.00 WIB. Diawali dengan pembukaan dilanjutkan dengan materi Manajemen Organisasi yang diberikan oleh para pengurus KMNU UNDIP. Semua pengurus menyampaikan materi manajemen organisasi divisinya masing-masing ke setiap peserta. Pukul  15.30, dilanjutkan dengan materi Manajemen Kepanitiaan oleh mbak Nailah (wakil ketua BEM FIB). Beliau memaparkan  dengan sangat jelas sehingga para peserta sangat antusias mengikuti acara ini. Pukul 16.30, dilanjutkan dengan materi Kepemimpinan oleh Muhammad Badrul Huda (ketua BEM Fakultas Sains dan Matematika  UNDIP). Tema yang diangkat adalah Membentuk Watak Kepemimpinan Sejati. “Sesuatu yang besar tidak bisa dicapai oleh satu orang. Untuk mencapai sesuatu yang besar, kita harus bisa mempengaruhi orang lain.”, tuturnya.
                Pukul 20.00, acara dilanjutkan dengan Dinamika NU Kampus oleh Aista Wisnu Putra (Ketua BEM Fakultas Hukum UNDIP). Setelah penyampaian materi, para peserta dibagi ke dalam kelompok-kelompok untuk menganalisis masyarakat NU di kampus UNDIP menggunakan analisis SWOT. Sangat beragam pendapat-pendapat dari tiap kelompok. Materi dilanjutkan oleh sambutan dari Kang Syamsudin dari Presnas IV. Dalam sambutannya, beliau menuturkan “Kita tidak mau menjadi apa-apa, tapi siap menjadi apa saja”. Pukul 23.00, para peserta diberikan materi sidang dan dilanjutkan dengan simulasi sidang sampai pukul 03.00 dini hari. Para peserta istirahat mempersiapkan sholat subuh berjamaah di masjid dekat Pondok Pesantren.
                Menjelang pukul 06.00, para peserta ziarah ke makam sesepuh Pondok Pesantren Taqwal Ilah. Kemudian, sarapan pagi bersama dilanjutkan dengan materi terakhir dari Pengasuh Pondok Pesantren Taqwal Ilah, yaitu Bapak Iman Fadhilah. Beliau menjelaskan tentang Khittah NU dan Prinsip NU. Pesan beliau adalah “Sedikitlah tidur, jangan sedikit-sedikit tidur”. Acara selanjutnya yaitu diskusi tentang Pembahasan kontribusi KMNU Madya ke KMNU UNDIP. Semua peserta diwajibkan menyampaikan saran dan pandangannya. Diskusi berakhir pukul 16.00, dilanjutkan pemilihan koor Anggota Madya KMNU UNDIP, terpilihlah Bagas Ardiyanto sebagai koor putra dan Inna Karmila sebagai koor putri.  Selanjutnya, acara yang paling penting yaitu pembaiatan anggota madya KMNU UNDIP oleh pengurus. Sebanyak 12 orang yang dibaiat. Acara ditutup dengan doa dan foto bersama.
               

                
    KMNU UNDIP

    Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Universitas Diponegoro

    Website: KMNU UNDIP

    • Google Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: DIKLAT Madya (Pendidikan dan Pelatihan Anggota Madya) KMNU UNDIP Ke-1 Rating: 5 Reviewed By: Administrator
    Scroll to Top