Animasi Logo NU

  • Terkini!

    April 26, 2015

    Selapanan, KMNU UNDIP Adakan Kegiatan Khotmil Qur'an Bersama

    Gambar 1. Pembacaan Al-Qur'an 30 Juz Bersama
    Semarang.KMNU UNDIP  Online,  Ahad 26 April 2015 Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama (KMNU) Universitas Diponegoro menggelar acara khotmil qur'an. Acara tersebut dilaksanakan di Masjid Baitul Muttaqin atau yang lebih dikenal dengan Masjid LPPU Undip.
    Acara dimulai pada pukul 14.30 WIB. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin  selapanan KMNU UNDIP. Kegiatan inti pada acara ini adalah menghatamkan kitab suci Al-Qur'an 30 Juz secara berjamaah, dimana setiap yang hadir mendapatkan bagian 1 atau 2 Juz. Kegiatan di jeda sebentar untuk melaksanakan sholat ashar berjamaah dan kemudian dilanjutkan kembali setelah selesai sholat. Sekitar pukul 16.30 WIB seluruh juz telah selesai dibaca. Kemudian acara dilanjutkan dengan pembacaan tahlil dan do’a bersama yang dipimpin oleh Ustadz Shofiyullah.
    Setelah do’a bersama, beliau Ustadz Shofiyullah memberikan sedikit mauidhoh hasanah. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan kegiatan yang mulia. Karena membaca Al-Qur’an merupakan perintah. Selain itu beliau juga menyampaikan sebuah hadist yang artinya “Barangsiapa membaca satu huruf dari Kitabullah (Al Qur`an), maka baginya satu pahala kebaikan & satu pahala kebaikan akan dilipat gandakan menjadi sepuluh kali”. Beliau mengatakan bahwa pahala kebaikan dari membaca Al-Qur’an itu berlaku meskipun kita tidak mengerti maknanya atau bahkan terjemahannya sekalipun. Karena, beliau melanjutkan, bahwa setiap kita membaca Al-Qur’an disitu ada iman dalam hati kita. Beliau menambahkan, bahasa Al-Qur’an (Arab) itu bahasa ruh kita, meskipun kita tidak tahu makna atau terjemahannya tetapi ruh kita bisa merasakan. Oleh karena itu bila kita membaca Al-Qur’an hati kita merasa tenang dan damai.
    Gambar 2. Pemotongan Tumpeng oleh kadiv amaliyah & kajian
    Setelah mauidhoh hasanah yang disampaikan oleh Ustadz Shofiyullah, acara kemudian ditutup dengan pemotongan tumpeng oleh saudara M. Rizal Hidayatullah selaku kepala divisi amaliyah dan kajian dan dilanjutkan dengan makan bersama oleh seluruh hadirin.
    Rangkaian acara selapanan dan khotmil qur’an ini merupakan tradisi amaliyah yang bernilai ibadah. Selain didalamnya terdapat pembacaan ayat-ayat Al-Qur’an, acara ini juga dapat merekatkan ukhuwah dan mempererat tali silaturrahim bagi semua yang hadir.
    KMNU UNDIP

    Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Universitas Diponegoro

    Website: KMNU UNDIP

    • Google Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Selapanan, KMNU UNDIP Adakan Kegiatan Khotmil Qur'an Bersama Rating: 5 Reviewed By: Administrator
    Scroll to Top