Animasi Logo NU

  • Terkini!

    January 9, 2015

    “Gus Dur Bapak Kelautan Indonesia” : Peringatan Maulid Nabi dan Haul Gus Dur ke-5

    Semarang, KMNU UNDIP Online. Setelah pelaksanaan pelantikan anggota kepengurusan baru pada 21 Desember 2014 lalu, acara hari kamis malam kemarin menjadi acara pertama KMNU UNDIP di kepengurusan tahun ini. Acara tersebut adalah Peringatan Maulid Nabi dan Haul Gusdur ke-5. Acara yang diselenggarakan di Masjid Baitul Muttaqin (Masjid LPPU)  ini diinisiasi oleh kawan – kawan dari Gusdurian Undip dan didukung oleh beberapa organisasi mahasiswa yang berbasis ke-NU-an, yaitu ReadyPMIIAl IzzahAl Khidmah, dan juga oleh KMNU UNDIP. Tujuan dari acara ini adalah untuk memperingati maulid Nabi Muhammad SAW, sekaligus peringatan haul ke-5 KH. Abdurrahman Wahid atau yang akrab disapa Gus Dur.
    Rangkaian acara ini dimulai ba’da maghrib. Acara yang pertama adalah pembacaanmaulid simthudduror dan sholawat oleh kelompok rebana Undip yang bernamaReady (Rebana Diponegoro University). Para hadirin yang datang pun juga ikut bersama – sama membaca sholawat secara berjamaah. Kekhusyukan hadirin dalam membacakan sholawat membuat suasana semakin hikmat terutama ketika mahallul qiyam, yaitu berdiri dan membaca sholawat salam serta “menghadirkan” Rasulullah saw dalam do’a kita. Acara pembacaan maulid ini ditutup dengan do’a dan dilanjutkan dengan sholat isya’ berjamaah.
    Acara dimulai kembali ba’da isya dan dipandu oleh saudara Fahmi sebagai pembawa acara. Acara diawali dengan lantunan ayat – ayat suci Al-Qur’an oleh saudara Azmi dan diterusakan dengan sambutan – sambutan. Sambutan yang pertama oleh ketua panitia yaitu Mas Izul, lalu dilanjutkan dengan sambutan dari perwakilan takmir Masjid Baitul Muttaqin oleh Mas Rifai.
    Berikutnya acara diisi dengan pembacaan tahlil (baca: Tahlilan) yang ditujukan untuk beliau Almarhum Gus Dur.Tahlilan dipimpin oleh Mas Hasan dan juga dilanjutkan dengan pembacaan nadhom asma’ul husna secara berjamaah.
    Acara yang terakhir adalah diskusi dengan tema “Gus Dur Bapak Kelautan Indonesia”, diskusi ini dipimpin oleh Mas Dhuha (mahasiswa S2 Ilmu Sejarah Undip, mantan ketua Pkpt Ipnu-ippnu Unnes) dan Mas Farhan (mantan wapres Kesma BEM KM Undip, senior PMII Komisariat Diponegoro). Acara kemudian ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Mas Hasan dan dilanjutkan dengan lantunan Syi’ir Tanpo Waton-Gus Dur dari ketua panitia sekaligus ketua Gusdurian UNDIP yaitu Mas Izul bersama dengan Mas Anfal  dan diiringi rebana dari Ready (Rebana Diponegorouniversity).
    KMNU UNDIP

    Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Universitas Diponegoro

    Website: KMNU UNDIP

    • Google Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: “Gus Dur Bapak Kelautan Indonesia” : Peringatan Maulid Nabi dan Haul Gus Dur ke-5 Rating: 5 Reviewed By: Administrator
    Scroll to Top