Animasi Logo NU

  • Terkini!

    September 8, 2015

    Pelantikan Pengurus KMNU UNDIP dalam Balutan Diskusi "Islam Nusantara"

    Gambar 1. Pelantikan Pengurus KMNU UNDIP

    Semarang, KMNU UNDIP Online. Sabtu, 5 September 2015, Keluarga Mahasiswa Nahdlotul Ulama Universitas Diponegoro bersama dengan 4 organisasi NU yang lain (PMII, Gusdurian, Al Izzah, dan Ready) menggelar acara Sarasehan Kawula Muda dengan tema “Membumikan Islam Nusantara di Bumi Diponegoro” yang bertempat di Masjid Al-Ikhlas Pondok Pesantren Kyai Galang Sewu (Belakang Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan). Acara ini dihadiri oleh anggota dari tiap-tiap organisasi NU yang ada di UNDIP yaitu PMII (Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) , KMNU UNDIP, Gusdurian, Al-Izzah, dan Ready (Rebana Diponegoro University), serta santri-santri Pondok Kyai Galang Sewu.
    Sarasehan ini dimulai sekitar pukul 10.00 WIB, dibuka oleh pembawa acara dan dilanjutkan dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Mars PMII. Kemudian disambung dengan sambutan-sambutan yang diawali dengan sambutan dari ketua PMII yaitu saudara Rosiful. Dilanjutkan sambutan dari pihak Pondok Kyai Galang Sewu disampaikan oleh Abah Sam’ani selaku Pengasuh Pondok Kyai Galang Sewu.
    Acara selanjutnya yaitu pelantikan pengurus Keluarga Mahasiswa Nahdlotul Ulama Universitas Diponegoro yang baru oleh Pembina KMNU UNDIP yaitu Abah Hasyim Asy’ari.
    Pengurus KMNU UNDIP yang baru dilantik yaitu Muhammad Syaifudien Bahry (Ketua), Muhammad Annas Najih (Wakil Ketua 1), Rita Sugiarto (Wakil Ketua 2), Armila (Sekretaris 1), Muhammad Rizqi (Sekretaris 2), Nurul Istiqomah (Bendahara 1), Zakiyaatus Sariroh (Bendahara 2), Muhammad Rizal (Kadiv putra Amaliyah dan Kajian), Khana Rosyida (Kadiv putri Amaliyah dan Kajian), Fathurrozi (Kadiv putra PSDM), Mega Ariyanti (Kadiv putri PSDM), Muhammad Akhsanil Auladi (Kadiv putra Inforkom), Siti Khasanah (Kadiv putri Inforkom), Muhammad Fajrul Anfal (Kadiv putra Kewirausahaan), dan Ela Safitri (Kadiv putri Kewirausahaan). Semoga pengurus KMNU UNDIP yang baru ini, bisa melaksanaan hak dan kewajibannya dengan baik dan penuh tanggungjawab.
    Kemudian acara dilanjutkan dengan acara inti, yaitu diskusi bersama Abah Hasyim tentang “Membumikan Islam Nusantara di Bumi Diponegoro” . Beliau menyampaikan bahwa untuk mendiskusikan Islam Nusantara haruslah minimal paham betul tentang apa itu Islam Nusantara. Beliau mengungkapkan bahwa Islam berkembang di Bumi Nusantara dengan prinsip "al-muhafadhatu 'ala qadimi as-shalih wal akhdzu bi al-jadidi al-ashlah" (memelihara dan mengamalkan tradisi yang baik, dan beradaptasi dengan perkembangan peradaban yang baik). Seperti kata K.H. Turaechan Adjuhri: "ojo gumunan lan ojo gampang kepincut" (jangan mudah terkesima, dan jangan mudah terpengaruh). Acara diskusi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dari para peserta.
    Gambar 2. Foto bersama KMNU UNDIP dan PMII UNDIP
    Selesai diskusi, sekitar pukul 11.30, acara dilanjutkan dengan pengenalan 5 organisasi NU yang ada di UNDIP, yaitu PMII(Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia) , KMNU UNDIP, Gusdurian, Al-Izzah, dan Ready(Rebana Diponegoro). Sebelumnya, penyerahan plakat terlebih dahulu oleh Ketua PMII yaitu saudara Rosiful kepada Abah Hasyim. Di penghujung acara, acara ini ditutup dengan do’a bersama yang dipimpin oleh saudara Arifin dilanjutkan dengan halal bihalal semua peserta.
    KMNU UNDIP

    Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Universitas Diponegoro

    Website: KMNU UNDIP

    • Google Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Pelantikan Pengurus KMNU UNDIP dalam Balutan Diskusi "Islam Nusantara" Rating: 5 Reviewed By: Administrator
    Scroll to Top