Animasi Logo NU

  • Terkini!

    February 27, 2015

    Rapat Kerja dan Ziarah Wali Semarang-Demak

    Semarang, KMNU UNDIP Online. Alhamdulillah di awal kepengurusan, KMNU UNDIP telah melaksanakan beberapa rangkaian kegiatan yang terlaksana pada tanggal 25 dan 26 Februari 2015. Kegiatan yang pertama yaitu Rapat Penyelarasan Program Kerja untuk satu periode kepengurusan dan Ziarah Wali Semarang-Demak. Rapat di selenggarakan di Pondok Pesantren Al-Fattah Sumurboto, Tembalang, Semarang. Rapat di buka oleh ketua KMNU UNDIP Muhammad Syaefudin Bahry dengan harapan rapat bisa berjalan dengan hikmat dan menghasilkan keputusan yang terbaik. Agenda selanjutnya yaitu pembahasan Program Kerja dari masing-masing divisi. Dimulai dari divisi Inforkom sampai yang terakhir divisi Kewirausahaan (meskipun masih wacana) banyak saran dan kritik yang keluar dari Nahdliyin-Nahdliyat yang ikut dalam rapat tersebut.
    Setelah rangkaian demi rangkaian agenda rapat terselesaikan Alhamdulillah telah menghasilkan keputusan yang InsyaAllah terbaik. Rapat di tutup dengan do’a oleh Kang Bahry dengan harapan semoga semua anggota KMNU UNDIP dapat mengemban amanah dan bersama-sama berjuang dalam mensyiarkan islam ahlussunnah wal- jama’ah.
    Setelah kemarin terlaksana kegiatan Rapat Kerja KMNU UNDIP, hari kamis tanggal 26 Februari 2015 KMNU UNDIP mulai melaksanakan salah satu program kerjanya dari Divisi Amaliah dan Kajian yakni Ziarah Wali yang merupakan salah satu tradisi turun temurun dari warga NU. Tujuan dari kegiatan ziarah wali ini salah satunya adalah sebagai sarana mendekatkan diri kepada Allah yaitu dzikrul maut (Mengingat Kematian) “Bahwasannya setiap yang bernyawa pasti akan mengalami kematian..”, selain itu ziarah wali ini juga bertujuan untuk mengenang perjuangan dan dakwah para ‘ulama dan para Aulia’. Disamping itu ziarah wali ini juga sebagai sarana pengakraban dan pengeratan pengurus serta anggota KMNU UNDIP sebelum nantinya akan menjalankan satu tahun kepengurusan. Ziarah wali KMNU UNDIP diawali dengan mengunjungi makam Mbah Kyai Galang Sewu yang merupakan tokoh ulama masyarakat Tembalang-Semarang di kompleks pemakaman di dalam Universitas Diponegoro.
    Perjalanan tour ziarah wali kemudian dilanjutkan ke makam Mbah K.H Soleh Darat di belakang R.S Kariadi. Beliau merupakan salah satu guru dari pendiri NU yaitu K.H Hasyim Asy’ari dan juga merupakan guru dari tokoh pendiri Muhammadiyah yaitu K.H Ahmad Dahlan. Tujuan berikutnya adalah makam Syekh Jumadil Kubro di daerah Terboyo. Selepas sholat dhuhur dan tahlilan berjamaah, kemudian dilanjutkan beristirahat sejenak sebelum meneruskan perjalanan.
    Pukul 13.30 perjalanan dilanjutkan ke Sayung Demak, yaitu ke makam Syekh Abdullah Mudzakkir. Keistimewaan dari makan Syekh Abdullah Mudzakir adalah letaknya yang berada di tengah laut sehingga harus melawati jembatan panjang untuk sampai ke makam. Selama perjalanan menuju makam, suguhan pemandangan hutan bakau, suara-suara khas burung bangau, serta deburan ombah turut menambah kekhidmadan dan kekhusyukan.
    Tujuan terakhir dari ziarah wali ini adalah Makam Sunan Kalijaga di daerah Kadilangu. Seperti yang tercatat dalam sejarah Sunan Kalijaga adalah salah satu dari Walisongo yang merupakan penyebar Agama Islam di tanah jawa. Setiap hari makam Sunan Kalijaga selalu ramai dikunjungi oleh para peziarah dari berbagai wilayah di Indonesia.
    Selepas sholat Isya’ rombongan lalu bertolak kembali ke Semarang dan alhamdullah sampai tujuan dengan selamat.
    KMNU UNDIP

    Keluarga Mahasiswa Nahdlatul Ulama Universitas Diponegoro

    Website: KMNU UNDIP

    • Google Comments
    • Facebook Comments

    0 comments:

    Post a Comment

    Item Reviewed: Rapat Kerja dan Ziarah Wali Semarang-Demak Rating: 5 Reviewed By: Administrator
    Scroll to Top